Apakah Jambu Biji Makanan Super Yang Bukan Makanan Favorit Anda ?

Apakah Jambu Biji Makanan Super Yang Bukan Makanan Favorit Anda ?

Jambu biji dapat diiris dan dimakan mentah langsung, dijus juga enak atau digunakan sebagai topping pada salad dan es krim. Jambu biji jadi buah yang begitu banyak manfaatnya, jadi masih ragu untuk memakannya ?

Apel, jeruk, dan pisang memang enak dan segar, tetapi bagi orang-orang yang pernah makan buah mungkin ingin mempertimbangkan pilihan yang lebih eksotis untuk menghidupkan kembali selera yang bosan. Salah satu buah yang kini mulai populer (Eropa, Amerika, Afrika) adalah jambu biji (Guava), yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Apakah Jambu Biji Makanan Super Yang Bukan Makanan Favorit Anda ?

Meskipun jambu biji banyak tumbuh di Indonesia atau Asia, dan sekarang diproduksi di tempat-tempat seperti Afrika, Karibia, bagian yang lebih hangat di AS, India, dan bahkan Kepulauan Pasifik, tanaman ini diyakini berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Benihnya menyebar ke begitu banyak bagian dunia, berkat pergerakan burung, hewan, dan manusia selama berabad-abad. Hal ini telah menghasilkan booming industri jambu biji internasional yang mencakup varietas segar, kalengan, kering, jus dan konsentrat.

Pasta jambu biji, keju dan jeli adalah makanan manis yang disukai, dan buahnya sering digunakan dalam makanan penutup seperti pai, kue dan kue kering, dan juga sebagai penyedap untuk es krim. Bahkan daun jambu biji memiliki banyak kegunaan, karena sering digunakan untuk menyeduh teh dan membuat suplemen kesehatan.

Jambu biji adalah buah yang lembut dan creamy dengan rasa asam tapi manis yang bisa membuat mulut terasa sedikit bergetir. Meskipun menyerupai apel hijau (mendapatkannya julukan "jambu apel" di Eropa), bagian dalamnya dapat bervariasi dalam warna dari merah muda tua hingga putih dan di antaranya. Buahnya memiliki aroma bunga yang sangat menenangkan. Jambu biji dapat diiris dan dimakan mentah sendiri, atau dijus atau digunakan sebagai topping untuk salad atau es krim.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Meskipun rasanya adalah **Kejutan **yang menyenangkan bagi pemakan jambu biji baru, kekuatan sebenarnya ada pada profil nutrisi buah karena rendah lemak jenuh, gula, dan kolesterol. Satu buah (beratnya sekitar 55 gram atau 2 ons) hanya memiliki 38 kalori, 5 gram gula, dan 0,5 gram lemak. Reputasinya sebagai "Buah Super" juga dibantu oleh kandungan vitamin dan mineral yang mengesankan, karena kaya akan Vitamin A dan C, serta asam folat, kalium, mangan, dan tembaga.

Dari segi kesehatan, jambu biji memberikan manfaat gastrointestinal yang sangat baik dan nyata. "Jambu merupakan sumber serat yang sangat baik, sehingga dapat membantu kesehatan pencernaan," Michelle Lowery, R.D., manajer nutrisi klinis di Rumah Sakit Placentia-Linda di Placentia, California, mengatakan melalui email. Dia mencatat bahwa 1 cangkir jambu biji mentah (sekitar dua buah) mengandung sekitar 9 gram serat ramah usus. Ini adalah masalah yang cukup besar karena banyak orang hidup dalam defisit serat yang serius. "Menurut pedoman diet AS, kebanyakan orang hanya mengonsumsi [sekitar] 15 gram serat per hari; namun, wanita membutuhkan 25 gram serat setiap hari dan pria 38 gram," tambahnya. [Sumber: howstuffworks]

Penelitian juga menunjukkan bahwa jambu biji adalah sumber antioksidan alami yang sangat baik, selalu merupakan hal yang baik berkat sifat penambah sistem kekebalannya. Penderita diabetes dan orang lain dengan masalah gula darah mungkin juga ingin memperhatikan buahnya, karena penelitian telah menunjukkan bahwa jambu biji yang dimakan tanpa kulitnya dapat mengatur kadar glukosa darah dan mengurangi kolesterol. Teh daun jambu biji juga dapat membantu penderita pra-diabetes, karena diketahui dapat menjaga gula darah agar tidak melonjak setelah makan. Mungkin berita terbaik adalah bahwa meskipun selalu ada kemungkinan alergi atau reaksi buruk terhadap makanan atau minuman apa pun, tidak ada risiko toksik yang diketahui terkait dengan jambu biji, kata Lowery.

Faktanya, satu-satunya komentar peringatan adalah bahwa belum ada informasi yang cukup mengenai apakah jambu biji yang dikonsumsi dalam jumlah obat atau suplemen aman atau tidak untuk wanita hamil atau menyusui. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak berlebihan dan hanya mengonsumsi jumlah makanan yang direkomendasikan setiap hari sampai dipelajari lebih lanjut. Untuk itu, porsi tipikal adalah sekitar 1 cangkir (100 gram atau dua buah), sesuai dengan saran Lowery. "Jika seseorang ingin meningkatkan asupan vitamin C dan seratnya, saya akan merekomendasikan ukuran porsi setiap hari," katanya.

Penulis

Web Designer & Developer. Wich also a Content Creator for JujungNet.id. My Facebook id: mugianto1nd

Tezt Dimana