5 Langkah Membuat Rencana Pemasaran (Marketing Plan) yang Luar Biasa

5 Langkah Membuat Rencana Pemasaran (Marketing Plan) yang Luar Biasa

Ingatlah bahwa ada variasi rencana pemasaran yang Anda butuhkan, tergantung pada industri Anda dan tujuan tim pemasaran Anda, kami telah menyusun daftar apa yang harus disertakan dalam sebuah rencana Anda

Apakah Anda memperhatikan dengan baik strategi pemasaran tim Anda setiap tahun?

Anda harus. Rencana pemasaran tahunan membantu Anda mengatur pemasaran di jalur yang tepat untuk mewujudkan tujuan bisnis perusahaan Anda. Anggap saja sebagai rencana tingkat tinggi yang memandu arah kampanye, sasaran, dan pertumbuhan tim Anda. Segalanya bisa menjadi berantakan -- dan hampir tidak mungkin untuk memasukkan angka pada anggaran yang Anda perlukan untuk mengamankan proyek, perekrutan, dan outsourcing yang akan Anda temui selama setahun jika Anda tidak memilikinya.

Ingatlah bahwa ada variasi rencana pemasaran yang Anda butuhkan, tergantung pada industri Anda dan tujuan tim pemasaran Anda. Untuk mempermudah pembuatan rencana Anda, kami telah menyusun daftar apa yang harus disertakan dalam rencana Anda dan beberapa template perencanaan yang berbeda di mana Anda dapat dengan mudah mengisi bagian yang kosong.

Untuk memulai, mari selami cara membuat rencana pemasaran dan kemudian lihat apa yang ada di dalam rencana pemasaran tingkat tinggi.

Berikut adalah:

5 Langkah Membuat Rencana (Marketing Plan) Pemasaran yang Luar Biasa

1. Lakukan analisis situasi.

Sebelum Anda dapat memulai dengan rencana pemasaran Anda, Anda harus mengetahui situasi Anda saat ini.

Apa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda? Melakukan analisis SWOT dasar adalah langkah pertama untuk membuat rencana pemasaran.

Selain itu, Anda juga harus memiliki pemahaman tentang pasar saat ini. Bagaimana Anda membandingkan dengan pesaing Anda? Melakukan analisis pesaing akan membantu Anda dengan langkah ini.

Pikirkan tentang bagaimana produk lain lebih baik dari Anda. Plus, pertimbangkan kesenjangan dalam pendekatan pesaing. Apa yang mereka lewatkan? Apa yang dapat Anda tawarkan yang akan memberi Anda keunggulan kompetitif? Pikirkan tentang apa yang membedakan Anda.

Menjawab pertanyaan seperti ini akan membantu Anda mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda, yang membawa kita ke langkah nomor dua.

2. Tentukan audiens target Anda.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan situasi perusahaan Anda, pastikan Anda mengetahui siapa audiens target Anda.

Jika perusahaan Anda sudah memiliki persona pembeli, langkah ini mungkin berarti Anda harus memperbaiki persona Anda saat ini.

Jika Anda tidak memiliki persona pembeli, Anda harus membuatnya. Untuk melakukan ini, Anda mungkin harus melakukan riset pasar.

Persona pembeli Anda harus menyertakan informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, dan pendapatan. Namun, itu juga akan mencakup informasi psikografis seperti poin dan tujuan rasa sakit. Apa yang mendorong audiens Anda? Masalah apa yang mereka miliki yang dapat diperbaiki oleh produk atau layanan Anda?

Setelah Anda memiliki informasi ini ditulis, itu akan membantu Anda menentukan apa tujuan Anda, yang membawa kita ke langkah nomor tiga.

3. Tetapkan SMART Target (GOAL) .

Ibu saya selalu mengatakan kepada saya, "Kamu tidak bisa pergi ke suatu tempat kecuali kamu memiliki peta jalan." Sekarang, bagi saya, seseorang yang secara geografis tertantang, itu adalah nasihat literal.

Namun, itu juga dapat diterapkan secara metaforis untuk pemasaran. Anda tidak dapat meningkatkan ROI Anda kecuali Anda tahu apa tujuan Anda.

Setelah Anda mengetahui situasi Anda saat ini dan mengetahui audiens Anda, Anda dapat mulai menentukan tujuan SMART Anda.

SMART Target bersifat spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Ini berarti bahwa semua tujuan Anda harus spesifik dan menyertakan kerangka waktu yang ingin Anda selesaikan.

Misalnya, tujuan Anda adalah meningkatkan pengikut Instagram Anda sebesar 15% dalam tiga bulan. Bergantung pada tujuan pemasaran Anda secara keseluruhan, ini harus relevan dan dapat dicapai. Selain itu, tujuan ini spesifik, terukur, dan terikat waktu.

Sebelum Anda memulai taktik apa pun, Anda harus menetapkan Taget Anda. Kemudian, Anda dapat mulai menganalisis taktik mana yang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Itu membawa kita ke langkah nomor empat.

4. Analisis taktik Anda.

Pada titik ini, Anda telah menuliskan tujuan Anda berdasarkan target audiens dan situasi saat ini.

Sekarang, Anda harus mencari tahu taktik apa yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Plus, saluran dan item tindakan apa yang tepat untuk difokuskan.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan pengikut Instagram Anda sebesar 15% dalam tiga bulan, taktik Anda mungkin termasuk mengadakan giveaway, menanggapi setiap komentar, dan memposting tiga kali di Instagram per minggu.

Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, lakukan Brainstorming beberapa taktik untuk mencapai tujuan tersebut akan sangat mudah.

Namun, saat Anda menulis taktik, Anda harus mengingat anggaran, yang membawa kita ke langkah nomor lima.

5. Tetapkan anggaran Anda.

Sebelum Anda dapat mulai menerapkan ide apa pun yang telah Anda buat dalam langkah-langkah di atas, Anda harus mengetahui dan menetapkan anggaran Anda.

Misalnya, taktik Anda mungkin termasuk iklan media sosial. Namun, jika Anda tidak memiliki anggaran untuk itu, maka Anda mungkin tidak dapat mencapai tujuan Anda.

Saat Anda menulis taktik Anda, pastikan untuk mencatat perkiraan anggaran. Anda dapat menyertakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap taktik selain aset yang mungkin perlu Anda beli, seperti ruang iklan.

Setelah membaca artikel** 5 Langkah Membuat Rencana (Marketing Plan) Pemasaran yang Luar Biasa** ini, kiranya anda dapat memprediksi kemana arah dan tujuan marketing dari perusahaan / usaha yang anda bangun. Hasilnya akan terlihat sesuai dari performa yang anda / team anda berikan.

Penulis

Ini Admin Zuper JujungNet Id

Tezt Dimana